BIMBINGAN TEKNIS PEMUNGUTAN DAN PENGHITUNGAN SUARA PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019 PPK KECAMATAN BUNGKAL

Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pada pelaksanaan Pemilu Tahun 2019, pada hari Sabtu tanggal 23 Maret 2019 bertempat di Pendopo Kecamatan Bungkal diselenggarakan acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara (Tungsura) Pemilu Tahun 2019.

Acara dilaksanakan oleh PPK Bungkal dan dikuti ketua dan anggota PPS se-Kecamatan Bungkal ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman PPS dalam melaksanakan proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu Tahun 2019 di TPS di wilayahnya masing-masing. Sebagai panduan, telah ada buku panduan pelaksanaan Tungsura yang harus dipelajari dan dipahami seluruh PPS untuk selanjutnya dapat disampaikan kepada seluruh anggota KPPS sebagai pelaksana di TPS.

Anggota PPK Bungkal, Hadi Suwarno dalam penyampaian materi Bimtek memaparkan proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS, mulai dari tahap penyampaian undangan ke pemilih, publikasi pelaksanaan pemungutan suara, penyiapan TPS, pemasangan gambar peserta pemilu, denah TPS, posisi KPPS, saksi, pemantau dan calon pemilih, pintu masuk dan keluar, proses pembukaan pemungutan suara, proses pemungutan suara, pelayanan pemilih disabilitas, pelayanan pemilih DPTb dan DPK, penutupan pemungutan suara, proses penghitungan suara, pengisian formulir-formulir, penandatanganan Berita Acara sampai proses Rekapitulasi hasil pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2019.

Untuk mengatasi permasalahan yang muncul waktu pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu di TPS, PPS wajib memberikan panduan kepada KPPS tentang aturan-aturan dan batasan-batasan pelaksanaan sesuai dengan buku panduan yang telah ditetapkan oleh KPU. Dan diharapkan dalam mengatasi permasalahan yang mungkin ada di TPS, dilaksanakan dengan arif dan santun agar situasi dan kondisi tetap aman, lancar dan kondusif.

         

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*