“VERIFIKASI ODF (OPEN DEFICATION FREE)” DI DESA SAMBILAWANG KECAMATAN BUNGKAL

Untuk mensukseskan program Ponorogo bebas buang air sembarangan, Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Bungkal melaksanakan verifikasi ODF (Open Defication Free). Kegiatan kali ini bertempat di Desa Sambilawang Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo pada tanggal 21 Februari 2019.

. ODF (Open Defication Free) yang memiliki arti stop buang air sembarangan merupakan program yang bertujuan untuk memastikan setiap rumah tangga memiliki akses ke jamban sehat, karena belum tentu rumah tangga yang sudah memiliki jamban yang baik dan memadai, akses buang airnya telah memenuhi syarat ke jamban sehat. Ada yang buang airnya masih ke sungai, parit, perkebunan, dan lain-lain.

 

Sekretaris Kecamatan Bungkal, Shandra Aji Hidayanto dalam sambutannya mewakili Camat Bungkal menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo yang telah melaksanakan verifikasi ODF khususnya di wilayah Kecamatan Bungkal. Lebih lanjut Shandra Aji menyampaikan bahwa program ODF selain bertujuan mengatasi permasalahan buang air sembarangan juga dapat mengatasi buruknya sanitasi dan drainase sehingga dapat sinergis dengan program pemberantasan sarang nyamuk demi menanggulangi mewabahnya penyakit demam berdarah.

Sementara itu Tim Dinas Kesehatan melalui ketuanya Teguh Rihwanto menyampaikan bahwa verifikasi ODF ini bertujuan untuk memastikan masyarakat sudah tidak ada yang buang air di sembarang tempat. Dengan sasaran rumah yang dicurigai belum mempunyai jamban untuk menghitung Kepala Keluarga yang belum memiliki akses ke jamban sehat. Lebih lanjut Teguh Rihwanto mengatakan bahwa banyak penyakit yang disebabkan oleh kotoran manusia, antara lain diare, gangguan pernapasan, penyakit kulit dan lain-lain. Dengan harapan semoga dengan program ODF yang berhasil maka masyarakat Ponorogo akan semakin sehat.

 

         

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*